Kisah Menyedihkan TKI di Arab Saudi

blogger templates
Arab Saudi Neraka Bagi TKI(5)
Tak Perlu Basa-basi dengan Arab Saudi 
M. Rizal – detikNews
Tak Perlu Basa-basi dengan Arab Saudi
demo pemancungan Ruyati (detikcom)
Jakarta – Pemancungan Ruyati binti Sapubi akhirnya memaksa pemerintah mengeluarkan keputusan penghentian sementara atau moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi. Tapi moratorium ini baru akan dimulai tanggal 1 Agustus 2011 mendatang.
“Saya memutuskan untuk melaksanakan moratorium pengiriman TKI ke Saudi Arabia efektif 1 Agustus 2011,” kata Presiden SBY saat jumpa pers di kantor presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (23/6/2011).
Menakertrans Muhaimin Iskandar menjelaskan Moratorium itu hanya menghentikan pengiriman TKI, tidak bermaksud memulangkan TKI yang masih bekerja di Arab Saudi. Yang sudah di sana, dalam posisi baik akan dicek oleh kedutaan. Kalau baik bisa diperpanjang oleh kedutaan. “Tidak ada yang dipulangkan. Moratorium hanya stop tidak berangkat,” tegas Muhaimin.
Dijelaskan Muhaimin, pemerintah selama ini telah melakukan pengetatan total menuju moratorium terhadap penempatan TKI ke Arab Saudi. “Bahkan pernah 2 bulan tidak ada pengiriman sama sekali. Saya juga terus mengimbau agar PPTKIS tidak mengirimkan TKI ke Arab Saudi,” jelasnya.
Sebelum moratorium dilakukan, lanjut Cak Imin, ada 2 hal yang perlu pertimbangkan sungguh-sungguh. Pertama, harus mempertimbangkan sebagian besar TKI yang lain, yang berhasil selama bekerja di Arab Saudi. Kedua, kedua pemerintah Indonesia dan Arab Saudi sudah melaksanakan Senior Officer Meeting (SOM) tahap I untuk mempersiapkan MoU. Setelah puluhan tahun, baru sekarang Pemerintah Arab Saudi mau memulai pembicaraan mengenai MoU.
Sebenarnya, sebelum pemancungan Ruyati, sejumlah kalangan, baik LSM, masyarakat, tokoh agama maupun kalangan politisi telah meminta pemerintah menghentikan sementara pengiriman TKI ke luar negeri, khususnya yang bekerja di sektor informal seperti pembantu rumah tangga, yang dominan wanita.
Alasan sistem atau mekanisme pengiriman TKI, perusahaan penyalur TKI sampai urusan mekanisme diplomatik pemerintah Indonesia dan negara yang dituju para TKI dianggap lemah.
Sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) KH Hasyim Muzadi sejak dahulu sudah minta pengiriman TKW ke Arab Saudi dihentikan. Pasalnya tidak mungkin menghentikan kekejaman atau penyiksaan TKW di Arab.
“Itulah sebabnya, tidak ada satu negara miskinpun di dunia yang mengirimkan TKW atau PRT, hanya Indonesia saja. Hentikan! Karena hanya menyiksa wanita dan memperkaya bandot-bandot PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia),” tegas Hasyim kepada detikcom.
Hanya ada dua cara yang bisa menyelamatkan TKI selain Ruyati yang kini terancam hukuman mati yaitu Presiden SBY datang langsung ke Arab Saudi untuk berunding dengan Raja Arab Saudi atau membayar seluruh tebusan kepada keluarga.
“SBY sudah tidak bisa menghindar lagi seperti biasanya, karena ini menyangkut rasa keadilan, kemanusiaan dan harga diri bangsa dan negara. Tidak hanya bisa mewakilkan kepada Menakertrans Muhaimin Iskandar,” tegas Hasyim.
Sementara Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj berpendapat menyelesaikan masalah TKI tidak perlu berbasa-basi dengan Arab Saudi . Said pernah diajak Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia untuk berdiskusi soal TKI/TKW di negaranya, tetapi ia menolak. “Karena tak perlu ada basa-basi, kecuali pemerintah Saudi memperbaiki upaya perlindungan terhadap buruh migran yang bekerja di negaranya,” terangnya.
Pengamat Ketenagakerjaan Janzi Sofyan mengatakan, sebenarnya yang menjadi kritik dalam persoalan TKI adalah soal diplomasi perwakilan Indonesia di luar negeri yang begitu lemah. “Seharusnya tidak ada istilah tidak tahu akan ada eksekusi, ini kan sebenarnya peran diplomasi kita yang tidak melakukan monitoring, tidak kreatif untuk mencari tahu, dan hanya menunggu kabar berita saja, lemah diplomasi kita,” jelasnya.
Seharusnya, pemerintah tahu di mana negara-negara yang banyak ditempati para TKI dengan menempatkan diplomat yang memiliki diplomasi yang kuat. Kedua, perwakilan pemerintah di negara yang memiliki banyak TKI harus punya database. “Inikan tidak, di mana konsentrasi TKI, di mana majikannya, kan tidak termonitor. Apakah semua KBRI atau KJRI tahu di mana TKI dan majikannya?” kritik Janzi.
Solusinya pemerintah diminta segera menarik semua diplomatiknya di Arab Saudi diganti semua dengan yang baru. Gantinya harus orang-orang yang memiliki ketrampilan diplomasi tinggi. Dari pengalaman Janzi selama ini banyak pejabat diplomatik yang antipati begitu menghadapi TKI, bahkan menganggap TKI sebagai warga negara kelas dua.
Sedangkan Analis Kebijakan Migrant Care Wahyu Susilo meminta pemerintah segera meratifikasi konvensi International Labour Organization (ILO) tentang PRT, meratifikasi konvensi PBB tahun 1990 tentang perlindungan buruh migran dan anggota keluarganya serta melakukan amandemen UU 39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI.
Sebenarnya Indonesia banyak memiliki peluang melakukan kerjasama yang baik dengan Arab Saudi dibandingkan dengan negara lain soal tenaga kerja migrant.
Apalagi Indonesia dan Arab Saudi memili persamaan negara muslim, sesama anggota G20, sesama anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI).”Ada banyak ruang tetapi tidak kita manfaatkan dengan maksimal. Coba lihat Filipina yang bisa memaksakan. Ini karena lemahnya diplomasi kita yang tidak maksimal,” terangnya.
(zal/iy)
Kamis, 23/06/2011 16:33 WIB
Arab Saudi Neraka Bagi TKI(4)
Demi Bisa Haji, TKI Abai Kekejian Arab Saudi 
Deden Gunawan,M. Rizal – detikNews
Demi Bisa Haji, TKI Abai Kekejian Arab Saudi
Jakarta – Hukum pancung sudah berlangsung selama berabad-abad di Arab Saudi. Hukum ini merupakan salah satu pelaksanaan dari hukum qisas, memberikan hukuman dengan tindak yang sama atas tindakan yang dilakukan terdakwa, yang merujuk Alquran.
Meski demikian hukuman pancung alias dipenggal kepalanya bukanlah harga mati. Sebab dalam Alquran juga disebutkan hukum memaafkan jauh lebih baik dibanding menjatuhi hukuman mati.
“Masyarakat atau pemerintah Arab Saudi tahu soal itu. Dan sebenarnya hukuman mati itu tingkatnya lebih rendah. Yang paling tinggi dalam hukum di sana (Arab Saudi) adalah hukum memaafkan,” terang pengamat Timur Tengah dari Moderat Moeslim Society Zuairi Misrawi.
Dijelaskan Misrawi, dalam meminta hukum memaafkan ini, bisa ditempuh dengan menghadap Raja Arab Saudi. Sebab kultur di Arab Saudi masyarakat sangat patuh kepada rajanya. Bila raja meminta keluarga korban untuk memaafkan, maka permintaan itu akan dilakukan. Sehingga hukuman mati itu tidak terjadi.
Cara seperti ini pernah dilakukan almarhum Gus Dur. Mantan presiden RI ke 4 itu pernah menyelamatkan Siti Zaenab, TKI asal Desa Martajasah, Bangkalan, Madura, dari hukuman mati tahun 1999.
“Waktu itu Gus Dur langsung berkomunikasi dengan Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz al-Saud. Dalam komunikasi itu Gus Dur memberikan dalil-dalil soal hukuman memaafkan yang ada di dalam Alquran. Selain itu Gus Dur juga menjelaskan tentang pentingnya meloloskan hukuman bagi Siti Zaenab demi hubungan Indonesia-Arab Saudi,” jelas Misrawi.
Beberapa hari setelah komunikasi antara Gus Dur dan Raja Abdullah, Zaenab yang telah menanti hukuman pancung akhirnya bisa bernafas lega. Hukuman qisas itu akhirnya batal dilakukan.
Tapi lain Gus Dur lain pula pemerintahan SBY. Saat Ruyati dieksekusi mati pemerintah diduga tidak berbuat apa-apa. Jangankan melobi Raja Arab Saudi. Waktu eksekusinya saja pemerintah tidak tahu. Inilah yang menyebabkan Ruyati harus mati dipancung.
“Harusnya SBY mendatangi atau menyurati Raja Arab Saudi untuk meminta bantuan bagi Ruyati. Tapi hal itu rupanya tidak pernah dilakukan,” kritik Misrawi.
Menteri Luar Negeri Marty Legawa tentu saja menyangkal pihaknya tidak melakukan apa-apa untuk menyelamatkan Ruyati. TKI itu tidak terselamatkan sebab KJRI Jeddah tidak mendapat pemberitahuan soal eksekusi pemancungan Ruyati.
Bahkan KJRI tahu soal pemancungan itu dari media online setempat. Maka itu Kemenlu telah memprotes Arab Saudi. Dan kerajaan Arab itu pun telah meminta maaf. Arab mengaku lalai tidak memberitahu soal pemancungan ini kepada pemerintah Indonesia.
“Mereka menyampaikan penyesalannya, kepada kami tadi, beliau menyampaikan bahwa mereka intinya lalai karena tidak menyampaikan kepada kita. Seharusnya disampaikan,” kata Marty setelah memanggil Duta Besar Arab Saudi Abdurrahman Al Khayyat.
Sumber detikcom yang sudah 10 tahun menjadi santri salah seorang ulama ternama di Makkah, menyatakan eksekusi hukuman pancung biasanya memakan waktu yang lama. Biasanya butuh waktu 2-3 tahun persidangan. Anehnya, Ruyati yang belum 2 tahun sidang kok sudah divonis hukum pancung dan langsung dieksekusi. Dia pun hanya menjalani sidang cuma dua kali.
“Ada yang aneh dan patut dipertanyakan mungkin keluarga yang dibunuh merupakan orang kuat atau bagaimana saya belum dapat informasi,” kata sumber itu.
Biasanya kalau kejadian pembunuhan dilakukan sesama orang Arab, selain proses sidang, antara keluarga saling bertemu bernegosiasi sampai ada permaafan dan tidak sampai dipancung. Nah, sayangnya pemerintah Indonesia melalui perwakilan atau langsung dari pusat tidak mau datang untuk meminta maaf. “Kalau itu dilakukan, setidaknya ada pengurangan hukuman atau tuntutan. Ini tampaknya tidak pernah dilakukan,” kata sumber itu.
Kasus pemancungan Ruyati menambah daftar panjang kisah tragis TKI di Arab Saudi. Tapi meski banyak kisah tragis, anehnya banyak orang yang tetap ingin kerja di negeri petro dollar ini. Mengapa?
Muhammad Tio, seorang mukimin asal Surabaya, Jawa Timur yang sudah tinggal di Jeddah, mengakui kebanyakan orang yang memilih kerja ke Arab Saudi mengharapkan untuk bisa umrah atau haji.
“Ya salah satunya, dengan kerja di sini apa itu sebagai TKI yang jadi pembantu, sopir atau yang memiliki skill tertentu adalah bisa menjalankan ibadah umrah dan haji, itu saja,” ungkap Tio, yang saat ini bekerja sebagai pekerja di bidang kelistrikan di Arab Saudi itu.
Mayoritas orang sebenarnya sudah tahu kultur bangsa Arab yang keras, apalagi selalu menggunakan hukum yang keras. Namun ada keyakinan tidak semua orang jahat. Bila bertemu majikan yang baik pasti nasib TKI juga baik.
Ada dua istilah untuk orang Arab yakni Abu Bakar dan Abu Jahal. Abu Bakar adalah untuk orang yang baik dan mulia hatinya. Sementara Abu Jahal adalah orang Arab yang keji.”Hampir 80 persen orang Arab yang sekarang ini sisa dari Abu Jahal,” terang Hamdan, salah seorang mukimin lainnya asal Jember, Jawa Timur yang ditinggal di Makkah kepada detikcom.
Hamdan pun mengaku bekerja di Arab dengan tujuan untuk ibadah. “Saya pribadi bekerja ke Arab Saudi ini tujuannya ibadah, karena di sana ada Baitullah dan belajar,” cerita Hamdan.
Dibeberkan Tio, tidak semua TKI bisa beribadah umrah atau haji meskipun sudah berada di Arab Saudi. Kesempatan untuk diajak beribadah umrah atau Haji, tergantung apakah majikannya mengikuti ibadah itu atau tidak.
“Ya kalau majikannya umrah atau haji, TKI yang menjadi pembantunya diajak ibadah sama-sama, sambil jagain anak majikannya atau yang lainnya. Tapi itu bagi TKI yang kerjanya bagus, kalau jelek ngak diajak. Malah ada TKI begitu masuk kerja di rumah majikan ada yang nggak keluar rumah sama sekali, kecuali diajak belanja ke pasar atau mall saja,” tutur Tio.
(iy/iy)
Kamis, 23/06/2011 16:00 WIB
Arab Saudi Neraka Bagi TKI(3)
Salah Kecil Saja TKI Bisa Dicambuk  foto
M. Rizal – detikNews
Salah Kecil Saja TKI Bisa Dicambuk
Sumiati (Iin Y/detikcom)
Jakarta – Mengirim TKW di Arab Saudi ibaratnya nyaris sama artinya dengan menyerahkan mereka ke tiang pancungan. Sudah banyak kasus tragis dari kekejaman sampai kematian TKI terjadi di negeri padang pasir ini.
Ruyati binti Sapubi, bukanlah satu-satunya TKI yang dipenggal kepalanya oleh algojo kerajaan Arab Saudi. Sebelum Ruyati, ada Yanti Irianti binti Jono Sukandi asal Cianjur, Jawa Barat yang dipancung pada 12 Januari 2008. Ia juga dipancung tanpa sepengetahuan keluarganya. Bahkan sampai sekarang jenazahnya belum dipulangkan ke tanah air.
Kemudian juga ada Kikim Komalasari yang dibunuh dan lantas jenazahnya dibuang begitu saja di tong sampah. Dan masih sejumlah kasus TKI lainnya yang dibunuh di Arab Saudi.
Data Kementerian Luar Negeri, sejak 1999 hingga 2010 ini setidaknya masih ada 28 TKI di Arab Saudi dan terancam hukuman mati. Sedangkan baru 4 TKI yang berhasil dibebaskan dari hukuman mati.
Sementara data Migrant Care, TKI yang menunggu proses sidang dengan ancaman hukuman pancung antara lain Suwarni asal Jatim, Hafidz bin Kholil Sulam asal Tulungagung, Eti Thoyib Anwar asal Majalengka, Karsih binti Ocim asal Karawang, Sun asal Subang. Kemudian Emi binti Katma Mumu asal Sukabumi, Sulaimah asal Kalimantan Barat, Muhammad Zaini asal Madura, Jamilah binti Abidin Rifi’i asal Cianjur.
Selain terancam pancungan, tidak sedikit TKI yang mendapat siksaan di luar batas kemanusiaan. Kita tentu masih ingat dengan Sumiati. PRT yang bekerja di Madinah ini mulutnya ditusuk dengan besi, dipukul dan kepalanya dibakar oleh majikannya.
Sumiati harus menjalani operasi berkali-kali untuk menyembuhkan luka di sekujur tubuhnya. Anehnya, sang majikan hanya divonis 3 tahun penjara. Itu pun di pengadilan banding di Arab Saudi meninjau kembali putusan itu dengan mengulang kembali peradilan itu, karena vonis itu dianggap cacat hukum.
Kekerasan terhadap TKI memang sudah seperti hal biasa di Arab. Kultur di Arab sangat keras. Berbuat salah sedikit saja akibatnya bisa fatal.
“Bukan hanya caci maki, ada yang dicambuk. Kalau pun kita lapor polisi, majikan akan bebas dan kita malah dituding macam-macam, ini yang menakutkan bagi kita yang kerja di Arab Saudi ini,” kata Muhammad Tio, seorang mukimin asal Surabaya, Jawa Timur yang sudah tinggal di Jeddah, Arab Saudi kepada detikcom.
Banyaknya kasus kekejaman itu menjadikan Arab Saudi sebagai momok TKI.Maklumlah Arab merupakan negara kedua yang paling banyak melakukan kekerasan terhadap TKI setelah Malaysia. “Arab Saudi jadi negara kedua terbanyak,” kata Jubir Kemenlu Michael Tene.
Sejak awal 2011 ini syarat pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Arab Saudi diperketat. Dari pengetatan itu, diketahui hanya ada 5 majikan di Saudi yang layak untuk PRT asal Indonesia.
“Sejak 1 Januari 2011 hingga sekarang hanya ada 5 calon majikan yang layak. Yang tidak pada 5 majikan itu berati ilegal, karena yang memenuhi syarat hanya 5,” kata Plt Dirjen Bina Penempatan Tenga Kerja Kemenakertrans Rena Usman.
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menilai masyarakat Indonesia lebih baik dalam memperlakukan PRT daripada orang Arab Saudi. “Saya alami sendiri selama tiga belas tahun, para tenaga kerja kita dikungkung dalam tembok yang rapat,” kata Said Aqil yang pernah tinggal di Makkah itu.
Kekerasan terhadap TKI di Arab terjadi bisa saja antara lain dipicu anggapan orang Arab bila TKI yang bekerja padanya merupakan budak. Sebab setiap calon majikan yang mencari pembantu harus mengeluarkan uang seharga Rp 25 juta per orang TKI atau setara 10-12 ribu Riyal Arab Saudi.
Perlakuan tidak menyenangkan terhadap TKI tidak hanya dilakukan majikan. Di tingkat perusahaan perwakilan penyalur di Arab Saudi saja perlakuan kurang manusiawi kadang kerap diterima para TKI, baik yang menjadi PRT atau sopir ini.
“Saya pernah melihat orang dicambuk, karena dianggap kerjanya jelek atau mungkin sang TKW itu cengeng dan ngeluh. Jadi kayak gambling aja, ada yang dapat majikan baik, dan ada yang dapat majikan yang kejam,” terang Tio lagi.
Sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) KH Hasyim Muzadi mengungkapkan faktor budaya bangsa Arab sulit mencegah tindak kekerasan dan kekejaman pada kaum minirotas ini, khususnya kekerasan yang dilakukan majikan kepada PRT atau TKW.
Kebiasaan majikan laki-laki dalam memperlakukan PRT tidak senonoh mengakibatkan kecemberuan majikan perempuan yang berujung pada tindak kekerasan dan penyiksaan. “Saya percaya bahwa perlawanan TKW atau PRT kita karena membela kehormatan. Soal dosa majikan, pemerintah Saudi tidak akan peduli kecuali menghukum PRT atau TKW,” ungkap Hasyim.
Jumlah TKI di Arab Saudi saat ini, menurut Menakertrans Muhaimin Iskandar, 500.000 orang. Dari jumlah itu, TKI yang bermasalah secara hukum diperkirakan sekitar 400 orang, ini termasuk kasus pidana, kasus perlakuan kekerasan dan penganiyaan. Sementara jumlah WNI di Arab Saudi mencapai 700.000 orang.
Sementara data Kemenkum HAM serta Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memperkirakan jumlah TKI di Arab Saudi mencapai 1,5 juta orang.
Menurut Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat, dari angka itu hampir 90 persen TKI bekerja di sektor informal, yaitu sebagai pembantu rumah tangga atau sopir.
(zal/iy)
Kamis, 23/06/2011 15:21 WIB
Arab Saudi Neraka Bagi TKI(2)
Bekal Hari Tua Dibayar dengan Nyawa 
Deden Gunawan – detikNews
Bekal Hari Tua Dibayar dengan Nyawa
Rumah Ruyati (detikcom)
Jakarta – Ruyati adalah pahlawan. Bagi keluarganya dan pahlawan devisa bagi negara. Banyak jasa yang sudah ia berikan.
Satu unit angkot K18 trayek Cikarang-Sukatani, sebuah rumah permanen, dan menyekolahkan ketiga anaknya menjadi bukti jasa Ruyati bagi keluarga selama bekerja di luar negeri.
Ibu dari Een Nuraini (36) Epi Kurniati (27), dan Iwan Kurniawan (24) berkarir sebagai TKI lebih dari satu dekade. Ia mulai bekerja di Timur Tengah sejak 1998. Abu Dhabi adalah negara pertama yang dipijak Ruyati. Di negara kaya minyak itu ia bekerja selama 3 tahun.
Setelah beristirahat 1 tahun, Ruyati kembali terbang sebagai TKI. Kali ini ia bekerja di Arab Saudi. Selama bekerja saat itu, Ruyati yang sudah menjanda itu mengaku baik-baik saja.
Ruyati bercerai dari Ubaidilah pada 2003, setelah pulang bekerja dari Abu Dhabi. Sejak itulah Ruyati menjadi tulang punggung bagi anak-anaknya.
“Ibu cerita kepada kami majikannya baik-baik semua. Jadi ibu merasa betah dan senang selama bekerja,” jelas Een, anak sulung Ruyati kepada detikcom.
Karena merasa nyaman, pada 2008, Ruyati ingin bekerja ke Arab Saudi lagi. Kepada anak-anaknya, ia bilang kepergiannya itu untuk yang terakhir kali. Hasil kerjanya nanti akan dijadikan bekal hari tua. Ia tidak mau di hari tuanya membebani anak-anaknya yang sudah berkeluarga.
Sebenarnya keluarga sudah melarang Ruyati kembali ke Arab. Anak-anaknya khawatir dengan kondisi Ruyati yang sudah tua. “Kami sudah melarang ibu pergi. Kami juga heran kenapa ibu bisa pergi padahal usianya sudah tidak memungkinkan,” jelas Een.
Kekhawatiran keluarga seolah menjadi kenyataan. Pada kepergian yang ketiga itu, nasib naas ternyata menimpa Ruyati. Di rumah majikan yang baru di Arab Saudi, ia mendapat perlakuan kejam.
Sang majikan, Khairiya Hamid binti Mijlid, sering kasar dan memaki-maki Ruyati. “Bahkan tidak segan-segan memukul dan menendang ibu. Ibu juga bilang pernah jatuh dari tangga. Kami curiga itu perbuatan majikannya,” ujar Een.
Ruyati sudah berkali-kali minta pindah majikan. Ia bahkan berniat kabur. Perlakuan yang kasar Khairiya diduga menjadi penyebab Ruyati bertindak nekat membunuh sang majikan. Akibat perbuatannya itu, Ruyati pun harus berhadapan dengan algojo dan dihukum pancung.
Pemancungan Ruyati langsung bikin heboh masyarakat Indonesia. Pemerintah dianggap telah abai terhadap warga negaranya sehingga nasib Ruyati jadi tragis. Namun pemerintah tidak mau disalahkan begitu saja. Pemerintah kemudian melempar kesalahan kepada pemerintah Arab Saudi yang melakukan eksekusi pancung tanpa memberi kabar berita.
Semestinya semua yang terlibat dalam urusan keberangkatan Ruyati ke Arab Saudi sampai terjadinya eksekusi mati harus diusut. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, hukuman itu tidak terjadi bila masing-masing pihak terkait telah melakukan prosedur yang benar.
“Dari proses pemberangkatan, pengawasan, serta pemantauan diplomatik di Arab Saudi harus diusut. Supaya diketahui di mana kelemahan yang terjadi. Sehingga bisa diketahui kenapa ada WNI yang dihukum mati di negara lain tanpa diketahui keluarga ataupun pemerintah,” kritik pengamat Timur Tengah dari Moderat Moeslim Society Zuairi Misrawi.
Dalam kasus Ruyati, sejak kepergiannya memang diduga bermasalah. Misalnya, pemalsuan identitas yang dilakukan PPTKIS (Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta) berbendera PT Dasa Graha Utama (DGU).
Menurut Een, anak Ruyati, lolosnya Ruyati jadi TKI ke Arab Saudi karena akal-akalan PT DGU. Perusahaan yang berdomisili di Bekasi itu diduga memalsukan data kelahiran Ruyati.
Aslinya, Ruyati lahir pada 7 Juli 1957, tapi diubah menjadi 12 Juli 1968. Karena data palsu itu Ruyati akhirnya bisa terbang ke Arab Saudi. Ruyati yang berpaspor RI AL 786899 itu diberangkatkan sekitar Oktober 2008.
Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan meneliti dugaan pemalsuan identitas Ruyati yang dilakukan PT DGU. Jika terbukti, BNP2TKI akan mencabut SIUP PT DGU.
“Sanksinya akan diusulkan ke Kemenakertrans sesuai peraturan yang berlaku, maksimal pencabutan SIUP. Kalau ada unsur pidana seperti pemalsuan dokumen akan dilaporkan ke kepolisian,” kata Deputi Bidang Perlindungan Hukum BNP2TKI, Lisna Yoeliani Poeloengan.
Saat ini BNP2TKI sudah melakukan klarifikasi. Namun dokumen yang dibawa PPTKIS belum lengkap. Minggu ini rencananya akan dilengkapi, seperti perjanjian penempatan tenaga kerja, perjanjian kerja sama penempatan.
Namun, kata Misrawi, tidak bisa hanya PT DGU saja yang dipersalahkan. Sebab dalam eksekusi mati itu ada pula kesalahan pemerintah, yakni BNP2TKI dan Kemenlu. Harusnya kedua lembaga itu mengetahui rencana eksekusi mati itu sehingga bisa dicegah.
“BNP2TKI harusnya punya catatan siapa saja TKI yang sedang mengalami masalah di Arab Saudi dan melakukan monitoring. Sementara Kemenlu harusnya melakukan upaya menggali informasi dan meneruskannya kepada presiden,” tegas Misrawi.
Sayangnya, upaya pengawasan dan monitoring itu tidak dilakukan sehingga perempuan paruh baya itu harus menghadapi penegak hukum Arab Saudi tanpa adanya pembelaan dari pemerintah. Nah, soal inilah yang dikeluhkan keluarga dan banyak kalangan di Indonesia.
Meski kecewa dengan sikap pemerintah, namun keluarga Ruyati tetap berharap pemerintah bisa membantu memulangkan jasadnya ke tanah air. “Ini permintaan kami yang terakhir kepada pemerintah. Semoga ibu kami bisa dipulangkan. Supaya kami bisa mengurus dan merawat makam ibu,” harap Een.
(ddg/iy)
Kamis, 23/06/2011 14:53 WIB
Arab Saudi Neraka Bagi TKI(1)
Disidang Cuma 2 Kali, Ruyati Langsung Dipancung 
Deden Gunawan – detikNews
<p>Your browser does not support iframes.</p>
Disidang Cuma 2 Kali, Ruyati Langsung Dipancung
Ruyati (istimewa)
Jakarta – Minggu, 19 Juni 2011, menjadi hari yang sangat menyedihkan bagi Een Nuraini. Mimpi buruk yang menghantuinya selama 1,5 tahun ini akhirnya menjadi kenyataan.
Dari ujung telepon, seseorang yang mengaku dari Kemenlu memberi kabar yang sangat mengejutkan. Sang ibu, Ruyati binti Sapubi telah dipancung pada Sabtu, 18 Juni pukul 15.00 waktu Arab Saudi.
Mendengar kabar itu, Een pun terhuyung. Ia tidak percaya. Ia sangat ingat kabar sebelumnya menyatakan persidangan sang ibu masih terus berjalan. Bahkan disebutkan pada 28 Juni masih akan ada sidang lagi.”Makanya kami sangat terkejut ketika mendengar kabar ibu sudah dieksekusi,” jelas Een kepada detikcom.
Ruyati , TKI asal Desa Sukaderma, Kecamatan Sukatani, Bekasi itu dijatuhi hukuman pancung setelah divonis terbukti membunuh majikannya, Khairiya Hamid binti Mijlid.
Pada 12 Januari 2010, polisi Sektor Al Mansur Makkah Al Mukarromah menemukan Khairiyah tewas bersimbah darah di rumahnya. Polisi kemudian menetapkan Ruyati , yang tinggal berdua saja bersama Khairiya, sebagai tersangka. Ruyati didakwa telah membunuh majikannya dengan menusukkan pisau pemotong daging.
Motif pembunuhan diduga rasa kesal akibat sering dimarahi dan kecewa karena majikan menolak memulangkannya.Ruyati juga mengaku punya niat untuk melarikan diri, namun pintu rumah majikan selalu terkunci.
Kabar Ruyati membunuh majikan baru diterima keluarga 2 hari setelah TKI itu ditahan. Sebelumnya keluarga memang mendapat kabar Ruyati diperlakukan dengan kejam oleh majikan.
“Majikan ibu sangat kasar. Ibu sering dipukul dan ditendang. Tapi kami tidak menyangka ibu bisa berbuat seperti itu,” kata Een sedih.
Pada 3 Mei 2010, Ruyati diadili untuk pertama kali. Saat itu ia terancam hukuman qisas yaitu hukuman yang sama dengan apa yang dilakukannya, yakni karena membunuh maka ia dijatuhi hukuman dibunuh.
Ancaman qisas diberitahukan Kemenlu kepada keluarga, pada 2 Februari 2011, lewat surat. Dalam surat itu tertulis Ruyati telah menjalani persidangan dan mendapat ancaman hukuman qisas. Kabar ini terang saja membuat keluarga semakin risau. Mereka sadar Ruyati terancam hukuman mati.
Sayangnya setelah surat itu, Kemenlu tidak lagi memberi kabar soal sidang Ruyati. Padahal pada Mei 2011, Ruyati disidang lagi dan benar dijatuhi hukuman qisas.
Karena lama tidak ada kabar, Een ditemani keluarga mendatangi Kemenlu dan Kemenakertrans. Namun informasi soal nasib ibunya tidak mereka dapatkan. Yang ada keluarga Ruyati harus bolak-balik di kedua kementerian itu tanpa menuai hasil.
“Kami seperti dipingpong. Dari kantor sini disuruh ke sana. Dari sana disuruh ke sini lagi. Tapi tetap saja mereka tidak bisa memberikan informasi tentang ibu,” curhat Een.
Een hanya dapat kabar persidangan belum tuntas dan pemerintah tetap berupaya mendampingi sidang Ruyati. Tidak dinyana-nyana kabar duka akhirnya datang pada 19 Juni itu.Ruyati sudah meninggal, dipenggal para algojo Kerajaan Arab Saudi.
Tidak hanya keluarga yang terkejut. Kemenlu pun kelimpungan karena pemerintah Arab Saudi tidak memberitahu rencana eksekusi itu sebelumnya. Pemerintah baru mengetahui pemancungan beberapa saat setelah eksekusi berlangsung dari media online setempat.”Tak ada pemberitahuan pada Indonesia oleh otoritas Arab Saudi,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.
Menurut Marty, peradilan Arab Saudi memang kerap kali tanpa pemberitahuan dahulu dan langsung dieksekusi. Bukan hanya Indonesia, ada warga negara lain seperti India dan Nigeria yang dieksekusi pun tidak diinformasikan ke pemerintah masing-masing.
Sepengetahuan KJRI Jeddah, Ruyati hanya menjalani sidang dua kali di Mahkamah Ammah. Dalam dua kali sidang itu, perempuan 54 tahun itu mengakui membunuh sang majikan. Setelah itu, kasus dibawa ke Mahkamah Tamzis (banding) dan kemudian Mahkamah Ulya (kasasi) dan diputuskan untuk dieksekusi.
Karena itu, pemerintah mengecam eksekusi Ruyati. Eksekusi pemancungan itu dinilai tidak mengindahkan praktik hukum internasional. “Merupakan hak tahanan asing untuk mendapat bimbingan kekonsuleran,” kata Juru Bicara Kemenlu Michael Tene, kepada detikcom.
Kemenlu lantas memanggil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Abdurrahman Al Khayyat. Direktur Timur Tengah Kemlu Ronny Prasetyo Yuliantoro yang menemui sang dubes menyatakan protes pemerintah RI terhadap pemancungan Ruyati.
“Dubes Saudi menyatakan penyesalannya atas terjadinya eksekusi dan akan mengupayakan agar hal-hal seperti itu, di mana terjadi pelaksanaan hukuman terhadap WNI ke depan tidak terjadi lagi,” jelas Michael.
Meski Arab Saudi meminta maaf, kecaman atas pemancungan Ruyati tidak surut. Banyak kalangan menilai hukuman mati yang sampai saat ini diberlakukan di Arab Saudi dianggap telah melanggar hukum internasional dan HAM.
Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso misalnya mengancam akan membawa kasus Ruyati ke dewan HAM PBB melalui UN Human Rights Council.”Cara itu perlu didorong sebab banyak kasus kemanusian yang sering dilakukan masyarakat Arab Saudi kepada TKI. Terus terang kondisi ini sangat menyedihkan,” kata Priyo.
Pendapat ini juga didukung Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana. Pemerintah Arab Saudi diharapkan bisa mengubah sistem hukumnya dengan mengacu pada prinsip HAM dan proses hukum yang berlaku universal. “Eksekusi mati Ruyati yang diam-diam sangat menyalahi hukum di negara manapun,” tegas Hikmahanto.
Memang setiap negara punya aturan masing-masing dalam menjatuhkan hukuman di negaranya. Hanya saja, masing-masing negara berkewajiban menaati hukum universal.Misalnya proses persidangan dilakukan secara transparan. Apalagi soal waktu eksekusi bila terdakwa akan dihukum mati.
(ddg/iy)
Kamis, 23/06/2011 17:58 WIB
Kolom Djoko Suud
Ruyati Itu Jimat  
Djoko Suud Sukahar
Ruyati Itu Jimat
Jakarta – Mati memang takdir. Kematian paling indah adalah tanpa sakit dan saat ibadah. Itu yang iba dalam kematian saudara kita Ruyati Bin Satubi di Saudi Arabia. Dia dihukum qisas. Dipancung karena divonis bersalah. Membunuh majikan dan tidak dimaafkan keluarganya.
Duka mengiring kematiannya. Tidak hanya keluarga, tetapi juga segenap warga bangsa ini. Di Sabtu yang terik, pahlawan devisa, mujahid yang berjuang untuk keluarga, terpisah nyawa dari raganya. Beliau dieksekusi. Dipenggal kepalanya.
Kematian ini sangat dramatis. Di tengah hukuman mati dikesankan agar tidak sadis dan tidak barbarian (kalau tidak dihapuskan), ternyata warga kita mengalami itu. Kematiannya lambat diketahui negara dan keluarga. Dan setelah almarhumah, baru simpati dan sumpah-serapah terhadap negara Arab dan Indonesia mengalir dimana-mana. Insyaallah surga bagimu saudaraku.
Ruyati adalah ruh hati. Dia gantungan jiwa dari ayah dan ibu yang melahirkannya. Biar hidup dalam kemiskinan di kampung, Ruyati merupakan pelita hati. Itu jika merujuk nama ibu yang berakhir tragis di Arab Saudi ini.
Ruyati merupakan jimat (ruqyah) bagi anak-anaknya. Pepunden yang patut jadi panutan. Dia bak batu karang yang tegar di tengah himpitan dan kesulitan hidup. Dia penguat keluarga. Ditinggal suami kawin lagi tak mengecilkan niatnya. Tanpa kelu dia besarkan dan sekolahkan tiga anaknya. Termasuk mempersiapkan bekal hidup Irwan, si bungsu, yang kini menempati rumah serta punya angkutan umum untuk menafkahi keluarganya.
Ruyati adalah mantera sekaligus doa yang ijabah. Kematiannya tidak sia-sia. Dia melahirkan gema. Kemanusiaan bela-sungkawa. Dan seorang manusia terhindar dari nasib serupa. Darsem ditebus pemerintah dengan nilai yang tak terbayangkan baginya, Rp 4,7 miliar. Ruyati merupakan martir. Tanpa ‘pengorbanannya’ semua itu muskil terjadi.
Bagi pemerintah Indonesia, kematian Ruyati ibarat cermin untuk berkaca dan berkaca lagi. Introspeksi diri agar tidak acuh dan hanya berwacana. Gegabah terhadap nasib rakyatnya. Sebab berjuta-juta para pejuang devisa itu menyebar di berbagai negara. Memberi sumbangan negara setidaknya Rp 42 triliun. Diprediksi meningkat hingga Rp 65 triliun/tahun, tapi perhatian dan apresiasi sejauh ini amat rendah. Mereka seperti manusia terbuang dan dibuang.
Ini merupakan kegagalan pemerintah untuk kesekian kalinya. Gagal memenuhi kewajiban melindungi. Gagal menyediakan pekerjaan bagi warganya. Jika itu mampu diberikan, tak akan ada yang berkeinginan untuk jauh dari rumah tinggal. Apalagi harus berkalang tanah di negeri asing yang tak dikenalnya.
Langkah pemerintah melancarkan protes ke Saudi Arabia patut dihargai. Berjanji memberi perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengais rejeki di luar negeri juga layak dipuji. Namun penghentian sementara (moratorium) pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Saudi Arabia di bulan Agustus mendatang bukanlah solusi.
Kebijakan itu hampir pasti tidak mujarab. Sulitnya lapangan kerja di dalam negeri adalah akar masalah. Murahnya tenaga kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan adalah soal lain yang membuat aturan itu akan dilanggar. Adakah memang itu harapan pemerintah? Jika terjadi kasus serupa bisa lempar tanggungjawab? TKI layak dipersalahkan?
Pemerintah terkesan instan dalam menanggapi tiap persoalan. Belum ada langkah preventif. Jika akar masalahnya lapangan kerja dan soal pendapatan, kenapa tidak fokus untuk all-out membenahi itu. Program-program pemborosan yang koruptif kenapa tidak distop untuk dialokasikan ke sektor ini.
Banyak kementerian yang harusnya dihapuskan, seperti Kementerian Sosial yang tidak jelas pekerjaannya. Transmigrasi tidak perlu ada lagi. Kementerian Koperasi bisa diarahkan sebagai distributor produk rakyat, membuka swalayan di tiap desa atau kecamatan untuk membendung dominasi swalayan asing. Dan ini menyerap tenaga kerja tinggi, selain memberdayakan produk dalam negeri.
Kini masih ada 23 WNI lagi yang akan menghadapi ancaman serupa. Dan itu baru di Saudi Arabia. Belum yang tersebar di negara-negara lain. Memang kita malu disebut sebagai ‘negara babu’. Tapi karena pemerintah tak kunjung berbenah, memanfaatkan kekayaan negeri ini digunakan mengangkat harkat dan martabat bangsa ini, maka rasa malu itu menjadi tragic-komedi. Malu tapi mau apalagi karena terpaksa.
Kini Ruyati telah tiada. Hujatan dan pujian tak berguna lagi. Hanya doa yang perlu dipanjatkan. Semoga amal ibadahnya diterima Gusti Allah. Dan mudah-mudahan pemerintah negeri ini membentuk Satuan Tugas untuk membuka lapangan kerja agar warga ini tidak berhasrat menjadi TKI. Bukan Satgas Perlindungan TKI yang terkeswan basa-basi.
*) Djoko Suud Sukahar pemerhati sosial budaya, tinggal di Jakarta.
(vit/vit)
Kamis, 23/06/2011 17:28 WIB
Di Manakah Jenazah Ernawati, TKI yang Meninggal di Saudi? 
Nurvita Indarini – detikNews
Di Manakah Jenazah Ernawati, TKI yang Meninggal di Saudi?
Jakarta – “Saya disabeti pakai selang air.” Itulah ucapan terakhir yang disampaikan TKW Ernawati, kepada sang kakak Yenny melalui telepon sambil menangis. Sejak itu, Yenny tak lagi bisa menghubungi Erna yang belakangan diketahui telah meninggal. Sudah 4 bulan berselang, jenazah Erna tak juga diterima keluarga.
Yenny kepada detikcom pada Kamis (22/6/2011), mengisahkan perjuangannya memulangkan sang adik dari Saudi, sejak Erna masih hidup hingga dikabarkan telah meninggal. Menurutnya, Erna, gadis asal Dukuh Ngelo, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kudus, Jateng, pergi mengadu nasib ke Saudi tanpa sepengetahuan keluarga.
Kala itu tahun 2008. Erna yang sebenarnya cukup pintar, tidak lulus SMP. Gadis itu sempat mengurung diri di dalam kamar selama beberapa hari. Tidak lama kemudian, Erna menghilang dari rumah dan mengabarkan dirinya sudah berada di Saudi, menjadi TKI.
Sebenarnya Erna belum cukup umur untuk menjadi TKI. Umurnya yang masih sekitar 15 tahun dituakan oleh perusahaan jasa pengiriman TKI menjadi 23 tahun. Saat awal bekerja, Erna mendapat majikan yang baik. Sayang, saat itu dia dituduh mencuri handphone oleh keluarga majikannya sehingga dikembalikan ke agennya.
“Di majikannya yang terakhir itu, adik saya bilang dia bekerja di pelacuran. Sebab selama setahun lebih dia bekerja di sana, majikannya sudah 8 kali berganti laki-laki. Majikannya adalah janda yang sudah punya anak dan cucu,” kata Yenny yang berdomisili di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ini.
Desember 2010, Erna menghubungi Yenny dan mengatakan kontraknya akan habis pada Juli 2011. Kala itu Erna mengaku sering dimaki-maki majikan, dipukul dan bila salah sedikit kerap diancam dipotong gaji meski selama bekerja belum menerima gaji.
“Saya sudah minta dia buat pulang. Tapi katanya malu kalau pulang kampung nggak bawa duit. Karena itu dia bilang mau disabar-sabarin,” imbuhnya.
Pada 26 Januari, Erna kembali menelepon dan menangis. Kepada kakaknya Erna mengatakan dirinya muntah darah karena disabeti pakai selang air. Dengan sabar Yenny pun bertanya kenapa sampai dipukuli.
“Saya minta tolong seorang laki-laki untuk beli mie karena lapar nggak dikasih makan,” kata Yenny menirukan ucapan adiknya.
Dalam telepon, Erna juga menyebut dirinya hendak diperkosa teman majikannya. Saat itu paha Erna dipegang-pegang dan di selangkangan Erna dijejalkan uang 500 riyal, namun Erna melawan.
Pada 31 Januari, Yenny pergi ke Migrant Care dan diantarkan ke Kementerian Luar Negeri untuk melapor. Di Kemenlu, Yenny ditemui bagian advokasi wilayah Arab Saudi. Dia pun meminta agar adiknya dipulangkan ke Indonesia karena belum berobat.
“Tanggal 2 Februari saya pulang ke Tanjung Pinang. Saya telepon adik saya tapi nggak ada jawaban. Saya SMS tanggal 6 Februari tapi tidak dibalas. Teleponnya aktif tapi tidak dijawab,” keluhnya.
Pada 10 Februari, teman adiknya yang sesama TKI Arab Saudi menyampaikan informasi ke kampungnya di Kudus bahwa Erna sudah meninggal di Rumah Sakit karena meminum racun tikus. Mendengar kabar itu, Yenny pingsan. Setelah siuman dan mampu berpikir jernih, dia menghubungi Migrant Care dan Kemlu kembali.
“Kemlu bilang, ‘Ibu jangan bilang sudah meninggal, nanti keluarga shock. Karena belum ada informasinya,'” terangnya.
Namun Yenny tidak menyerah. Dia masih berupaya untuk menghubungi telepon genggam Erna. Lalu pada malam itu, dia mendapat telepon dari nomor Erna. Ketika telepon dijawab, yang berbicara rupanya seorang laki-laki dalam bahasa Arab.
“Lalu saya komunikasi pakai bahasa Inggris. Dia mengatakan ada jenazah di rumah sakit yang rupanya jenazah adik saya. Mungkin hape ada di kocek adik saya, jadi dia bisa menghubungi saya,” jelas Yenny.
Pada suatu pagi Kemlu menelepon Yenny dan memastikan bahwa Erna sudah meninggal. Pegawai Kemlu itu juga menyampaikan ikut berduka cita. Ucapan belasungkawa itu tak mampu mengusir kecewa dan sedih Yenny. Sebab selama 10 hari sejak hari pertama dia melapor ke Kemlu hingga ada laporan adiknya meninggal, dia merasa Kemlu tidak melakukan tindakan apa pun.
“Katanya butuh 4 bulan untuk memulangkan jenazah. Setiap kali saya telepon (Kemlu) katanya selalu dibilang medical record, surat kelengkapan kurang,” ucap puteri kedua dari 12 bersaudara ini.
Menurut dia, terakhir kali Kemlu menghubunginya adalah 3 pekan lalu untuk meminta tandatangan keluarga untuk otopsi jenazah. Tandatangan sudah difaks ke Kemlu, BNP2TKI dan Migrant Care. Migrant Care mengaku sudah menerima kiriman faks namun tidak demikian dengan Kemlu. Hingga keluarga Erna mengirim tandatangan keluarga hingga 2 kali.
“Yang saya nggak habis pikir, pada bulan Februari ada faks dari Riyadh yang dikirim ke kampung yang menyatakan kalau handphone yang digunakan untuk menghubungi saya bukan hape adik saya tapi hape petugas RS,” tutur Yenny.
Dalam faks disampaikan pula bahwa PT penyalur Erna akan menjemput jenazah dan mengantarkannya ke daerah Subang. Padahal Erna berasal dari Jawa Tengah. “Berarti ini kan ada pemalsuan dokumen. Tidak saja umur tapi juga alamat,” lanjut Yenny.
Dia menyebut, PT penyalur adiknya adalah Boughsan Labrindo. Pada 13 Februari pihak penyalur mengucapkan belasungkawa dan memberikan santunan Rp 10 juta kepada keluarga.
“Ini bukan soal materi. Ini soal nyawa adik saya,” kata Yenny.
(vit/fay)
Kamis, 23/06/2011 16:03 WIB
Kisah TKI di Arab
Cerita Pedih Rosita dan ‘Pembebasannya’ ke Indonesia 
Ken Yunita – detikNews
Cerita Pedih Rosita dan 'Pembebasannya' ke Indonesia
Foto: Didi Syafirdi/detikcom
Jakarta – Rosita Siti Saadah memang telah dipenjara selama kurang lebih 20 bulan di Uni Emirat Arab karena dituduh membunuh. Ibu satu anak itu juga terancam hukuman pancung. Namun kini, Rosita telah ‘bebas’ dan kembali ke Indonesia.
Bagaimana Rosita bisa ‘selamat’ dan kembali ke pelukan keluarganya? Perempuan 29 tahun itu menceritakan pengalamannya kepada Solidaritas Perempuan. Berikut kesaksian Rosita seperti rilis yang dikirimkan kepada detikcom, Kamis (23/6/2011).
Rosita terbang ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Mei 2009 dan bekerja pada sepasang suami istri yang memiliki delapan anak perempuan dan dua anak laki-laki. Rumah majikan Rosita sangat luas dan terbagi menjadi beberapa bangunan.
Seluruh properti milik majikannya itu diurus oleh Rosita dan satu seorang temannya sesama TKI. Namun sayang, Rosita enggan menyebutkan siapa rekannya tersebut. Dalam rilis itu, rekan Rosita itu hanya disebutkan dengan X.
Suatu malam, tidak seperti malam-malam sebelumnya, Rosita tidur lebih dulu dari rekannya. Namun entah pukul berapa, perempuan yang memiliki anak berusia tujuh tahun itu terbangun.
“Saat itu, ia melihat seorang pria tinggi sedang melonggarkan bohlam lampu hingga padam.
Lampu diluar kamar pun sudah dimatikan. Tiba-tiba, seseorang memegangi Rosita, membekap
mulutnya, dan berkata,”Jangan teriak atau saya bunuh kamu!”. Rosita pun diam tak melawan,” begitu cerita dalam rilis tersebut.
Dan ketika para pria pergi, Rosita memanggil-manggil X dan menghampiri tempat tidur X. Namun X tidak juga menjawab panggilan Rosita. Rosita juga tidak bisa melihat apapun karena kondisi kamar saat itu sangat gelap karena lampu mati.
“Rosita menjadi sangat takut, dan memutuskan untuk melapor kepada majikan. Rosita lari ke rumah majikan dan mengetuk pintu. “Baba, madam, tolong! Saya takut. Ada laki-laki masuk
kamar,” Rosita terus berteriak.
Mendengar itu, majikan bukannya membukakan pintu dan memeriksa keadaan, malah menyuruh
Rosita membukakan pintu untuk polisi. Polisi kemudian membawa Rosita ke rumah sakit. Saat itulah Rosita tahu bahwa X meninggal dunia.
“Selanjutnya, Rosita menjalani 20 bulan di tahanan. Selama di tahanan Rosita mengalami kesulitan dalam menghubungi pemerintah maupun keluarganya. Polisi melarangnya untuk berbicara atau membuat pernyataan dan menghubungi orang lain. Rosita bahkan mengalami penyiksaan dan dipaksa mengakui perbuatan yang tidak dia lakukan. Dia dipukuli oleh polisi, dan tidak boleh tidur selama lima hari,” lanjut rilis itu.
Baru setelah setahun Rosita ditahan, dan menjalani tiga sidang, Pemerintah Indonesia mengetahui kasus Rosita. Selama tiga kali sidang, Rosita sama sekali tidak didampingi, baik oleh pengacara, penerjemah, maupun staf perwakilan pemerintah RI.
Pada tanggal 11 Juni 2011, tiba-tiba Rosita dilepaskan dari tahanan. Polisi memberikannya tiket dan mengantarkan ke bandara, tanpa melalui perwakilan pemerintah RI. Begitu sampai di Jakata pada tanggal 12 Juni, Rosita baru bisa menghubungi keluarganya, dan langsung kembali ke Karawang.
Setelah sempat bertemu dengan keluarganya, Rosita bersama Solidaritas Perempuan dan Solidaritas Buruh Migran Karawang mendatangi Kementerian Luar Negeri pada 14 Juni 2011. Ketika dihubungi melalui telepon, ternyata Konsulat Jenderal RI di Dubai, sebagai perwakilan pemerintah RI terdekat dari Fujariah, sama sekali tidak mengetahui kepulangan Rosita.
(ken/asy)

23 Responses to "Kisah Menyedihkan TKI di Arab Saudi "


  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259





















    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
      saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
      SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAROK hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAROK di No -0`8`2`1-9`2`1`5-0`5`6`7-.
      Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
      Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
      akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih KI JAROK saya tidak akan melupakan jasa AKI.
      JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
      SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAROK DI -08`21-92`15-05`67-.
      (TANPA TUMBAL/AMAN).
      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI JAROK…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG GAIB
      3.JUAL TUYUL MEMEK
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI JAROK<=…
      >>>082-192-150-567<<<

      Delete
    2. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =0823 2289 8427= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

      apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
      Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
      Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Ritual Kami
      Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
      cara kirim pulsa 300 ribu di no:0823 2289 8427
      kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
      Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih..

      Delete
    3. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =081 242 333 760 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

      apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togei
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan
      5'atm ghoib
      6'uang bolak balik
      7.jual tuyul
      Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
      Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka rit
      al 2D=3D=4D
      Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Riktual Kami
      Anda Cukup Mengganti Biaya Riktual Angka Nya Saja 300rb Dengan
      cara kirim pulsa 300 ribu di no:081 242 333 760
      kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Otimis Anda bisa Menang…!!!
      Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih

      Delete
    4. Assalamualaikum wrb. Saya minta maaf jikalau apa yang saya posting ini bisa menyinggung perasaan anda semuanya, saya hanya ingin membagikan pengalaman pribadi saya kepada anda semuanya dimana saya dapat mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sukses. Perkenalkan nama saya Rina Apriani berasal dari Lamongan, Jawa Timur, dulu saya hanya seseorang yang mempunyai usaha warung Nasi namun karena kebutuhan saya melebihi penghasilan saya, saya dililit hutang piutang yang semakin hari kian membesar. Tidak sengaja suatu hari saya coba buka buka internet dan sy melihat postingan seseorang yang keadaannya persis dengan saya, akhirnya beliau bisa keluar dari masalahnya dan sukses Dalam postingannya beliau dibantu oleh Kyai H. Aswono Kasturi. Awalnya sy ragu menghubungi beliau tapi sy coba memberanikan diri dan mengikuti saran pak kyai, walhasil masalah hutang piutang saya selesai dan usaha saya Alhamdulillah semakin maju. Berkat beliau saya memiliki beberapa mini market dan toko furniture dibeberapa daerah di Indonesia. Saya haturkan banyak2 terimakasih terhadap beliau Kyai H. Aswono Kasturi yang banyak membantu saya. Mungkin banyak yang berkata saya berbohong dan mengada ada tapi saya berhasil buktikan, jika anda punya kisah hidup seperti saya ,hubungi saja beliau di nomor 085394774168. Mau percaya atau tidak itu tergantung anda, sebagai wujud syukur terhadap melimpahnya rejeki sy, saya membagikan nomor beliau kepada anda sekalian. Sy bersumpah demi Allah Swt ini kisah nyata. Sekian dan Terimakasih . wassalam

































































































































































































































































      Assalamualaikum wrb. Saya minta maaf jikalau apa yang saya posting ini bisa menyinggung perasaan anda semuanya, saya hanya ingin membagikan pengalaman pribadi saya kepada anda semuanya dimana saya dapat mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sukses. Perkenalkan nama saya Rina Apriani berasal dari Lamongan, Jawa Timur, dulu saya hanya seseorang yang mempunyai usaha warung Nasi namun karena kebutuhan saya melebihi penghasilan saya, saya dililit hutang piutang yang semakin hari kian membesar. Tidak sengaja suatu hari saya coba buka buka internet dan sy melihat postingan seseorang yang keadaannya persis dengan saya, akhirnya beliau bisa keluar dari masalahnya dan sukses Dalam postingannya beliau dibantu oleh Kyai H. Aswono Kasturi. Awalnya sy ragu menghubungi beliau tapi sy coba memberanikan diri dan mengikuti saran pak kyai, walhasil masalah hutang piutang saya selesai dan usaha saya Alhamdulillah semakin maju. Berkat beliau saya memiliki beberapa mini market dan toko furniture dibeberapa daerah di Indonesia. Saya haturkan banyak2 terimakasih terhadap beliau Kyai H. Aswono Kasturi yang banyak membantu saya. Mungkin banyak yang berkata saya berbohong dan mengada ada tapi saya berhasil buktikan, jika anda punya kisah hidup seperti saya ,hubungi saja beliau di nomor 085394774168. Mau percaya atau tidak itu tergantung anda, sebagai wujud syukur terhadap melimpahnya rejeki sy, saya membagikan nomor beliau kepada anda sekalian. Sy bersumpah demi Allah Swt ini kisah nyata. Sekian dan Terimakasih . wassalam..

      Delete
    5. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Terimakasih yang sebesar besarnya kepada pemilik blog atau room ini untuk segala keikhlasannya sehingga saya dapat berbagi pengalaman dengan saudara sekalian. Perkenalkan saya Widyaningsih dari Kabupaten Lampung Tengah, saya seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak. suami saya bekerja disalah satu instansi swasta dengan gaji 3 jt/bln. Dengan gaji segitu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tiap bulannya sebab biaya anak sekolah dan berbagai kebutuhan rumah tangga semakin hari semakin tinggi sehingga membuat saya dan suami ingin mempunyai penghasilan tambahan melalui usaha yang akan kami dirikan. saya mencoba coba meminjam uang dibank untuk mendirikan usaha percetakan, alhamdulillah usaha kami lancar . Singkat cerita cobaan dari Allah SWT datang menghampiri kehidupan kami, usaha percetakan kami terbakar habis. akhirnya usaha percetakan yg kami bangun mengalami gulung tikar. Suami saya jatuh sakit krn kepikiran masalah utang bank kami dan akhirnya suami saya meninggal. saya stress dan sempat ingin mengakhiri hidup saya sebab saya tidak sanggup menganggung beban ini seorang diri. Namun ketiga anak saya menjadi alasan saya tetap bertahan, saya hanya bisa berpasrah diri kepada Allah SWT. Namun berkat izin-Nyalah saya dipertemukan oleh seorang sahabat lama yang memperkenalkan saya kepada seseorang yg katanya mampu menyelesaikan masalah utang piutang saya. Setelah bertemu dengan beliau, beliau membimbing saya menyelesaikan masalah saya. Alhamdulillah, allahu akbar allahu akbar masalah utang saya selesai semua berkat beliau K.H. Fikri Mukmin. Singkat cerita Berkat beliau sekarang saya telah memiliki toko bangunan sendiri. Sebagai rasa wujud syukur saya atas segala rezeki yang melimpah ini, saya ingin membagikan nomor beliau kepada anda. Apabila saudara sekalian punya masalah yang sama dengan saya silahkan hubungi beliau di nomor 082-348-884-278. Terimakasih atas perhatian saudara sekalian. Sumpah Demi Allah ini kisah nyata. Allahu akbar Allahu Akbar. Wassalam
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































      Delete
    6. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      Lewat akun ini saya ingin berbagi cerita,
      kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI

      Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
      KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
      Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
      Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
      Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
      Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
      Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
      MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
      Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
    7. Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.




































































































































































































































































































































































































































      Delete
  2. ANDA PENGEN CEPAT KAYA MELALUI JALAN PESUGIHAN TUYUL DAN ANDA JUGA BISA MENANG MELALUI ANGKA-ANGKA TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D.

    >>>>>KISAH NYATA DARI SAYA IBU CACAH DI MEDAN<<<<<

    aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan nyi sewika hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi nyi sewika di no 0853-7778-3434
    semua petunjuk nyi sewika saya ikuti dan hanya 3 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih nyi sewika saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan hub nyi sewika di 0853-7778-3434


    ((((((((((((dana ghaib)))))))))))))))))


    pesugihan instant 5 milyar
    mulai bulan ini (january 2016) kami dari padepokan mengadakan program pesugihan instant tanpa tumbal,
    serta tanpa resiko. program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    hutang yang menumpuk (diatas 1 milyar), adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    mempunyai hutang diatas 1 milyar
    ingin membuka usaha dengan modal diatas 1 milyar
    dll

    syarat :

    usia minimal 21 tahun
    berani ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    harus memiliki kamar kosong di rumah anda

    proses :

    proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    harus siap mental lahir dan batin
    sanggup puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    pada malam hari tidak boleh tidur

    biaya ritual sebesar 10 juta dengan rincian sebagai berikut :

    pengganti tumbal kambing kendit : 5jt
    ayam cemani : 2jt
    minyak songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll sebesar : 1jt

    prosedur daftar ritual ini :

    kirim foto anda
    kirim data sesuai ktp

    format : nama, alamat, umur, nama ibu kandung, weton (hari lahir), pesugihan 5 milyar

    kirim ke nomor ini nyi sewika: 0853-7778-3434
    sms anda akan kami balas secepatnya

    maaf program ini terbatas hanya untuk beberapa orang saja>

    ReplyDelete
  3. Saya sangat bersyukur telah menemukan blok MBAH RAWA GUMPALA dan ternyata apa yang tertulis di dalam blok MBAH,semua itu meman benar-benar terbukti dan salah satunya saya sudah telah membuktikannya sendiri,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaibnya,atas bantuan ini kini aku sudah bankit lagi dan usaha yang dulunya bankrut kini bisa berjalan kembali,berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA kini kehidupan kami sudah jauh lebih baik dari pada sebelumnya,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan budibaik mbah,pesugihan ini adalah pesugihan resmih dan pesugihan ini banyak pilihan misalnya dana ghaib tuyul minyan penarik uabg balik
    Bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085-316-106-111 dan
    pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wrb. Saya minta maaf jikalau apa yang saya posting ini bisa menyinggung perasaan anda semuanya, saya hanya ingin membagikan pengalaman pribadi saya kepada anda semuanya dimana saya dapat mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sukses. Perkenalkan nama saya Rina Apriani berasal dari Lamongan, Jawa Timur, dulu saya hanya seseorang yang mempunyai usaha warung Nasi namun karena kebutuhan saya melebihi penghasilan saya, saya dililit hutang piutang yang semakin hari kian membesar. Tidak sengaja suatu hari saya coba buka buka internet dan sy melihat postingan seseorang yang keadaannya persis dengan saya, akhirnya beliau bisa keluar dari masalahnya dan sukses Dalam postingannya beliau dibantu oleh Kyai H. Aswono Kasturi. Awalnya sy ragu menghubungi beliau tapi sy coba memberanikan diri dan mengikuti saran pak kyai, walhasil masalah hutang piutang saya selesai dan usaha saya Alhamdulillah semakin maju. Berkat beliau saya memiliki beberapa mini market dan toko furniture dibeberapa daerah di Indonesia. Saya haturkan banyak2 terimakasih terhadap beliau Kyai H. Aswono Kasturi yang banyak membantu saya. Mungkin banyak yang berkata saya berbohong dan mengada ada tapi saya berhasil buktikan, jika anda punya kisah hidup seperti saya ,hubungi saja beliau di nomor 085394774168. Mau percaya atau tidak itu tergantung anda, sebagai wujud syukur terhadap melimpahnya rejeki sy, saya membagikan nomor beliau kepada anda sekalian. Sy bersumpah demi Allah Swt ini kisah nyata. Sekian dan Terimakasih . wassalam

      Delete
  4. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
  5. Syukur Alhamdulillah di tahun ini Saya mendapatkan Rezeki yg berlimpah sebab sudah hampir 9 Tahun Saya bekerja di (SINGAPORE) tdk pernah menikmati hasil jeripaya saya karna Hutang keluarga Sangatlah banyak namun Akhirnya, saya bisa terlepas dari masalah Hutang Baik di bank maupun sama Majikan saya di Tahun yg penuh berkah ini,
    Dan sekarang saya bisa pulang ke Indonesia dgn membawakan Modal buat Keluarga supaya usaha kami bisa di lanjutkan lagi,dan tak lupa saya ucapkan Terimah kasih banyak kepada MBAH SURYO karna Beliaulah yg tlah memberikan bantuan kepada kami melalui bantuan Nomor Togel jadi sayapun berhasil menang di pemasangan Nomor di SINGAPORE dan menang banyak
    Jadi,Bagi Teman yg ada di group ini yg mempunyai masalah silahkan minta bantuan Sama MBAH SURYO dgn cara tlp di Nomor ;082-342-997-888 percaya ataupun tdk itu tergantung sama anda Namun inilah kisa nyata saya

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU YANTI Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KI Sunan Jati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI Sunan Jati
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KI Sunan Jati DI NOMOR 082_349_535_132
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi KI Sunan Jati pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete

  7. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Wahyuni biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro (+6282354640471) katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan togel dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya.Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya,baiknya melalui jalan togel saja.Dan angka yang di berikan beneran tembus ,4607 dan saya dapat 275 juta alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini melalui togel



    ReplyDelete
  8. Saya sangat berterimakasih banyak kepada aki wono atas bantuan dana ghaibnya dan saya tidak pernah menyanka kalau saya bisa mendapatkan uang sebesar 470 juta,berkat bantuan aki saya bisa melanjutkan bisnisku lagi dan saya tidak pernah menyanka kalau ini benar benar nyata karna sudah banyak paranormal yang sudah saya hubungi dan saya datangi,itu tidak pernah membawakan hasil bahkan uang saya habis dibawa lari sama mereka dan cuma aki wono saja yang membawakan hasil kalau anda mau di bantu silahkan hbg aki wono di nmr 085-320-535-559...aki wono juga bisa mengeluarkan angka togel yg di jamin 100% tembus seperti 4d 5d 6d angka dari aki betul-betul tembus karna sya udah buktikan terimakasi

    ReplyDelete

  9. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Wahyuni biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro +6282354640471 & 082354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang nya melalui jalan TOGEL dan PESUGIHAN DANA GHAIB TAMPA TUMBAL...
    dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya lagi susah di negri orang. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya, baiknya melalui jalan togel saja. Dan angka yang di berikan beneran tembus ,6D dan saya dapat RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran. alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rejekimu ini. walaupun ini hanya melalui togel..

    ReplyDelete
  10. DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
    Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
    Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes

    ReplyDelete
  11. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    Lewat akun ini saya ingin berbagi cerita,
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete
  12. Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.

    ReplyDelete
  13. Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.

    ReplyDelete
  14. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq


    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  15. HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    yang tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    ReplyDelete